Prodi DIII Keperawatan Kupang

Program Studi Diploma III Keperawatan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kupang yang merupakan salah satu prodi tertua di antara 7 Jurusan/prodi di lingkup Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang dan terakteditasi B dari LAM-PT Kes.  Program Studi D III Keperawatan Kupang saat ini menyelenggarakan pendidikan vokasi yang menghasilkan perawat Profesional pemula yang saat ini para alumninya telah bekerja pada semua fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah NTT, provinsi lainnya seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, bahkan di luar negri seperti Australia, Jepang, belanda dan Timur Tengah.Peningkatkan kualitas proses pembelajaran baik teori, laboratorium dan praktik klinik  merupakan kunci utama yang terus diupayakan Prodi ini sehingga menghasilakan lulusan yang berkualitas, berdaya saing di pasar kerja. Untuk mendukung tujuan ini, Prodi D III Keperawatan memiliki 7 Laboratorium Keperawatan yang dilengkapi dengan peralatan laboratorium sesuai standard yaitu Laboratorium Keperawatan dasar, Keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Gadar dan Keperawatan Komunitas.

Dukungan sumber daya manusia (SDM) juga sangatlah penting dalam mendukung percapaian visi dan misi Prodi D III Keperawatan. Saat ini Prodi D III keperawatan memiliki dosen sebanyak 35 orang dengan kulaifikasi doktor dan master dibidang kesehatan dan keperawatan. Selain itu dukungan tenaga kependidikan yang sangat berpengalaman memudahkan pengelolaan prodi ini menjadi lebih berkualitas. Dalam proses pembelajaran, dosen-dosen memiliki pengalaman di bidang mata kuliah yang diampu. Metode pembelajaran dengan mengedepankan student center learning; mengharuskan dosen-dosen untuk menggunakan metode diskusi, problem based learning and studi kasus. Prodi  D III keperawatan Kupang terus berbenah untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Prodi DIII Keperawatan Kupang adalah salah satu jurusan pada Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kupang yang mempunyai tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pendidikan keperawatan setingkat Diploma III dan bertanggung jawab terhadap Poltekkes Kemenkes Kupang. Jurusan Keperawatan berdiri sesuai Surat Keputusan Permenkes No.298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001. Jurusan Keperawatan Kupang saat ini terakreditasi dengan Strata B.

Visi dan Misi Prodi DIII Keperawatan Kupang

Kaprodi DIII Keperawatan Kupang

Margareta Teli, SKep,Ns,MSc-PH

Tenaga Pendidik Prodi DIII Keperawatan Kupang

Jumlah dosen yang saat ini bekerja pada prodi DIII Keperawatan Kupang adalah 20 Orang, dengan kualifikasi pendidikan sebagai berikut :

No Nama Pendidikan Terakhir
 1 Dr. Sabina Gero, SKp,MSc S3
 2 Dr. Maria Margaretha Ulemadja Wedho, S.Kp,MHSc S3
 3 Dr. Rafael Paun, SKM, M.Kes S3
 4 Elisabeth Herwanti, SKp, M.Kes S2
 5 Rohana Mochsen, SKp,M.Kes S2
 6 Dr. Ina D.Ratu Ludji, SKp,M.Kes S3
 7 Margareta Teli, SKep,Ns,MSc-PH S2
 8 Pius Selasa, SKep,Ns, MSc S2
 9 Fransiskus Salesius Onggang, SKep,Ns, MSc S2
 10 Yuliana Dafroyati, SKep,Ns, MSc S2
 11 Dominggos Gonsalves, SKep,Ns, MSc S2
 12 Aben B.Y.H.Romana, SKep,Ns, M.Kep S2
 13 Trifonia Sri Nurwela, SKep,Ns, Mkes S2
 14 Yulianti K. Banhae, SKep,Ns, Mkes S2
 15 Maria Agustina Making, SKep,Ns, M.Kep S2
 16 Roswita Viktoria Rambu Roku, SKep,Ns, MSN S2
 17 Febtian Cendra devi Nugroho, SKep,Ns, MSN S2
 18 Israfil , SKep,Ns, Mkes S2
 19 Agustina Rifa, S.Kep Ns S2
 20 Emiliandry F. T. Banase, S.Kep S2

 

Tenaga Kependidikan Prodi  DIII Keperawatan Kupang

Jumlah tenaga kependidikan pada Prodi DIII Keperawatan Kupang 10 Orang dengan kualifikasi pendidikan sebagai berikut :

No Nama Pendidikan Terakhir
 1 Modesta Meme, Spt S1
 2 Mariana Beda SMA
 3 Antonius Kerans SMA
 4 Asiah Mite SMA
 5 Wenslaus Watu SMA
 6 Zakarias Lopo SMA
 7 Eva Lemba, SE S1
 8 Fransiska Dhiu SMA
 9 Kristin Sepe D1
 10 Tobias Ly S1

 

Program Unggulan Prodi DIII Keperawatan Kupang

Program Unggulan Keperawatan Kupang adalah :

  • Keunggulan dalam bidang keperawatan penyakit Tropis

Lulusan Program Studi Diploma III keperawatan memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik dalam bidang keperawatan dan juga keperawatan penyakit tropis. Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu Provinsi dengan angka kejadian penyakit infeksi menular dan penyakit tidak menular yang tinggi di Indonesia. TBC masih menempati posisi kedua dengan jumlah kasus baru terus meningkat . Meningkatnya jumlah kasus resistensi terhadap pengobatan TB (multi drug resisten/MDR) turut mempengaruhi pengendalian

 

Grafik Penerimaan Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Kupang

Grafik Penerimaan Mahasiswa Baru :