Sebagai sebuah perguruan tinggi negeri, Politeknik Kesehatan Kemntrian Kesehatan Kupang mengemban tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilaksanakan melalui penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh dosen harus memiliki norma-norma atau etika yang sesuai dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar hasil penelitian tersebut dapat mengangkat harkat sivitas akademika Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Etika penelitian merupakan seni untuk menetapkan standar perilaku dan moral dalam melakukan penelitian, agar tercipta suasana etis : kejujuran, keadilan, kecermatan dan sikap amanah.

Fenomena pelanggaran etika penelitian yang ada akhir-akhir ini cukup menyita perhatian publik, terutama kalangan akademisi, peneliti, dan ilmuwan Indonesia. Pelanggaran etika penelitian, dapat terjadi baik dalam proses pelaksanaan penelitian maupun pemanfaatan hasil-hasil penelitian, dan dalam berbagai bentuk, seperti; fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

Sebagai bentuk komitmen dalam upaya menjaga nilai-nilai moral yang bersifat fundamental tersebut, Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Kupang menerbitkan Buku Etika Penelitian. Buku ini antara lain mengatur secara komprehensif dan tegas tentang wujud etika penelitian, bentuk dan sanksi pelanggaran etika penelitian sehingga penelitian yang dilaksanakan lebih akurat dalam metodologis dan memenuhi nilai-nilai etika penelitian.

 

Buku ini diharapkan akan menjadi acuan/pedoman bagi segenap Civitas Akademika di Poltekkes Kemenkes Kupang dalam berperilaku, baik selama proses pelaksanaan penelitian maupun dalam pemanfaatan hasil penelitian.

Untuk mengunduh file etika penelitian klik disini