Minggu, Tanggal 1 Februari 2015 bertempat di desa Taloitan -  Nekamese Kabupaten Kupang, Dosen dan staf di lingkungan kerja beserta sebagaian mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat atau yang biasa disingkat pengabmas melibatkan semua jurusan. Rombongan pengabmas Poltekkes Kemenkes Kupang berangkat dari Direktorat menuju desa Taloitan pukul 09:00 pagi. Pengabdian masyarakat kali ini bekerja sama dengan SVD dan S.Sps Kupang, yaitu pastor atau pimpinan umat katolik pada satu stasi atau paroki dan suster. Thema pengabmas kali ini adalah " Melalui Pengobatan Massal, Penyuluhan dan Pelayanan KesehatanKita Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat  Desa Talotan - Nekamese Kabupaten Kupang ".

Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh masing - masing jurusan. Jurusan analis kesehatan dimana memberikan penyuluhan dan juga memeriksa kesehatan seperti melakuakn pemeriksaan golongan darah. Jurusan gigi dengan agenda kegiatannya melakukan pemeriksaan gigi, baik itu kepada orang tua ataupun anak - anak, selain itu dosen dan staf dari jurusan keperawatan gigi juga memberikan satu set kelengkapan perawatan gigi kepada anak - anak yang berisi odol gigi dan sikat gigi secara cuma - cuma. Jurusan keperawatan melakukan pemeriksaan kepada masyarakat setempat yang datang dengan berbagai keluhan, setelah itu masyarakat diarahkan untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim dokter yang ikut serta dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini.

Untuk jurusan kebidanan, kegiatannya memberikan penyuluhan dan informasi yang berkaitan dengan reproduksi pada manusia di khususkan kepada anak - anak perempuan yang beranjak dewasa, Dosen kebidanan juga memberikan penyuluhan tentang gizi yang diperlukan dan dibutuhkan bagi ibu - ibu yang sedang hamil untuk kesehatan kandungannya. Jurusan farmasi sendiri, kegiatannya adalah memberikan obat berdasarkan resep yang diberikan tim dokter bagi masyarakat setempat yang penyakitnya telah didiagnosis. Dan juga dibagikan bubuk abate kepada masyarakat sebagai bagian dari penyegahan perkembangan nyamuk demam berdarah dan malaria.

Agenda kegiatan jurusan gizi pada pengabmas kali ini, memberikan penyuluhan kepada masyarakat bagaimana mengolah makanan yang memiliki kadar gizi seimbang untuk dikonsumsi sehari - hari. Staf jurusan gizii juga memberikan secara gratis makanan sehat kepada masyarakat. Dan untuk jurusan kesehatan lingkungan sendiri, bersama ketua jurusannya membagikan kloset wc bagi masyarakat. Hal ini dilakuakn agar desa Taloitan sendiri, bisa berkembang menjadi desa yang sehat dan bersih.

Kegiatan pengabmas berakhir pada pukul 14:00 WITA, dan ditutup dengan makan siang bersama masyarakat dengan rombongan pengabmas Poltekkes Kemenkes Kupang. Rombongan pengabmas sendiri kembali kekupang tepat pukul 15:00 WITA.

Pengabmas_Gigi
Pengabmas_Gigi Pengabmas_Gigi
Pengabmas_Perik...
Pengabmas_Periksa_Gigi Pengabmas_Periksa_Gigi
Tim_Dokter
Tim_Dokter Tim_Dokter
Pengabmas_Farma...
Pengabmas_Farmasi Pengabmas_Farmasi