Bertempat di aula cendana wangi Poltekkes Kemenkes Kupang, senin 12 Desember 2022, Direktur Poltekkes Kemnkes Kupang Bapak Irfan , SKM, M.Kes, atas nama Dirjen Nakes Kemenkes RI ( drg. Arianti Anaya, MKM), Melantik dan mengambil sumpah jabatan : wakil Direktur I ( ibu  Maria Hilaria, S.Si, S.Farm, Apt,M.Si ) , Wakil Direktur II ( bpk Karolus Ngambut, SKM, M.Kes ) dan Wakil Direktur III ( ibu Mariana Ngundju Awang, S.ST, M.Kes. Pelantikan dan mengambilan sumpah ini disaksikan oleh Rohaniawan Khatolik RD. Longginus   Bone dan Rohaniawan Kristen Pdt : Deciana Mese Baok, S. Th. Selain Rohaniawan juga disaksikan oleh Kepala Sub Bagian  ADUM ibu Lidya Sulaiman, S.Farm, Apt dan Kasubag, ADAK bpk Ferdinand C. Letik, SE, MSE. Serta Dosen, Tendik, PLP dan perwakilan Organisasi Profesi. Dalam sambutan Dirjen Nakes Kemenkes RI, yang dibacakan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang menyampaikan selamat Kepada Wakil Direktur yang baru dilantik, Jadikan jabatan yang kini dipercayakan kepada Saudara sebagai pemicu untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi kepentingan organisasi dan masyarakat. Kita tentu menyadari, bahwa jabatan adalah amanah yang harus diemban dan dilaksanakan dengan baik karena datang dari masyarakat yang memiliki harapan guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik.

 

Demikian pula halnya keberhasilan suatu organisasi, sangat ditentukan kinerja para pejabatnya. Oleh karena itu, saya minta adanya kerjasama yang solid, sinergis, tanggungjawab moral yang tinggi atas kepercayaan yang diberikan ini. Pertahankan sistem dan hasil kerja yang sudah baik. Jangan ragu-ragu melaksanakan reformasi dan inovasi, namun dengan tetap dalam koridor hukum, bersikap terbuka, bersedia menerima kritik dari semua pihak. Sebagai ASN Kemenkes, kita harus mengambil bagian dari suksesnya pelaksanaan 6 Pilar Transformasi di Bidang Kesehatan yang diusung Bapak Menteri Kesehatan, terutama Transformasi SDM Kesehatan. Demikian halnya juga dengan Transformasi Poltekkes Kemenkes dimana kita menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas pengelolaannya, kualias SDM, dan kualitas program pendidikan dan output mahasiswa yang kita kelola harus mampu mengisi kekosongan tenaga kesehatan di semua tatanan pelayanan kesehatan, baik di Rumah Sakit, Puskesmas dan juga di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), disamping itu juga kita terus mendorong agar lulusan Poltekkes mampu bersaing ditingkat Internasional. Lebih lanjut Dirjen Nakes mengatakan bahwa : Pergantian Wakil Direktur merupakan tindak lanjut atas dilantiknya Direktur Poltekkes beberapa waktu lalu. Hal ini tentu saja jangan dipandang hanya sebagai siklus 4 tahunan saja, tapi jadikan sebagai momentum evaluasi, berbenah diri dan organisasi, mengokohkan pijakan, menyempurkan program yang sudah berjalan dengan baik serta mendesain ulang program yang belum berjalan dengan optimal.

Wakil Direktur terpilih telah dipertimbangkan kompetensinya sehingga dipandang layak dan mampu untuk mengemban sebuah jabatan. Bukan sekedar penempatan figur-figur pada posisi tertentu dan sangat jauh dari kesan suka atau tidak suka (like/ dislike). Oleh karenanya, saya mohon kepada seluruh pegawai dan civitas akademika Poltekkes Kemenkes untuk mendukung pelaksanaan tugas sekaligus mengawal program-program kementerian kesehatan agar terimpelmentasi dengan baik, dan tetap berjalan pada koridor ketentuan perundang-undangan. Kepada pejabat lama Wadir I Bpk Irfan, SKM, M.Kes, Wadir II Ibu Dra.  Elisma, APt, M.Si dan Wadir III bpk Wilhelmus Olin, SF, Apt, M.Sc. kami atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas loyalitas Saudara selama ini dalam membangun Poltekkes Kemenkes Kupang . Semoga pengabdian dan sumbangsih Saudara mendapat imbalan yang berlipat ganda dari Tuhan Yang Esa