Bertempat di aula cendana Poltekkes Kemenkes Kupang  tanggal 24 Agustus 2022 Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan RI ( drg. Arianti Anaya,MKM) membuka secara resmi kegiatan PKKBMB Poltekkes Kemenkes Kupang tahun akademik 2022/2023 melalui daring zoom meeting. Dalam memberikan arahan beliau mengharapkan agar peserta dapat mengikuti kegiatan PKKMB tersebut secara baik, disiplin dan harus menunjukan sikap yang sopan, berkarakter, berdedikasi yang baik sebagai calon Mahasiswa baru sehingga bisa menjaga nama almamaternya ke depan. Lebih lanjut disampaikan bahwa peserta PKKMB tahun 2022 ini merupakan Putra dan Putri terbaik yang terpilih dari seleksi yang begitu ketat sehingga harus bangga karena kalian terpilih menjadi yang terbaik untuk bisa belajar di Poltekkes Kemenkes Kupang. Drg. Arianti Anaya,MKM juga memebrikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Poltekkes Kemenkes Kupang yang sudah menjaring mahsiswa baru sehingga dapat dilaksanakan kegiatan PKKMB. Laporan Ketua yang disampaikan oleh Ketua Panitia PKKMB Tahun 2022 Ishak Djari, SE.MM yang juga langsung dihadiri oleh Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan RI ( drg. Arianti Anaya,MKM) Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang (Dr. R.H. Kristina,SKM.M.Kes) Para Wadir I, II dan III, Para Ketua Jurusan/Ketua Program Studi, Para Kepala Pusat, Kepala SPI, Para Kasubag, Para Kepala Unit, Para PJ Kemahasiswaan, Panitia dan seluruh Peserta yang hadir disampaikan bahwa :
Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022 pada Poltekkes Kemenkes Kupang dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Kegiatan PKKMB diharapkan dapat menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui kegiatan PKKMB diharapkan dapat memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.
PKKMB harus direncanakan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di Poltekkes Kemenkes Kupang baik bidang akademik maupun non-akademik. PKKMB juga diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme, korupsi, dan lainnya. Upaya peningkatan rasa persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan PKKMB. Upaya peningkatan rasa persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan PKKMB. Selain itu PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad ini.

    

Disampaikan juga oleh ketua panitia dalam PKKMB tersebut ada beberapa materi yang akan disampaikan oleh Narasumber antara lain : Profil Poltekkes Kemenkes Kupang yang disampaikan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang (Dr. R.H. Kristina, SKM.M.Kes) wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang disampaika oleh narasumber dari Danrem 161 Wirasakti Kupang,     Pendidikan Anti Narkoba oleh Kepala BNN Kota Kupang, Sosialisasi Pengenalan Kehidupan Kampus bagian Akademik yang disampaikan oleh Wadir I (Irfan,SKM.M.Kes) Sosialisasi Penerapan Pola Tarif dari Wadir II (Dra. Elisma,Apt.MSi) Peraturan Baris-Berbaris oleh Tim dari Kodim serta Narasumber dari dalam yaitu dari Poltekkes Kemenkes Kupang.
Kegiatan PKKMB berlngsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 24 sd 26 Agustus 2022 yang di bagi beberapa lokasi yaitu di Aula Cendana Wangi Lantai 2 Direktorat Poltekkes Kemenkes Kupang, Aula Kebidanan, Aula Prodi Keperawatan Ende, Prodi Keperrawatan Waingapu dan Prodi Keperawatan Waikabubak dengan jumlah peserta seluruhnya adalah 1.503 (seribu lima ratus tiga orang)
Pada kesempatan yang sama juga Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang (Dr. R.H. Kristina, SKM.M.Kes) mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan dari Prodi Sanitasi, D.III Keperawatan Kupang dan PPN Kupang sebagai tanda dimulainya kegiatan PKKMB Tahun 2022 yang akan berlangsung selama 3 hari. Direktur juga mengharapkan agar peserta dapat menjaga kondisinya agar tetap sehat, kuat, disiplin sehingga dapat mengikuti kegiatan tersebut sampai selesai.