Hari Ulang Tahun atau HUT Ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 juga dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI . Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.  Dalam SE yang bertanggal 12 Juli 2022 tersebut, tercantum tema peringatan HUT Ke-77 RI adalah "PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT".

  


Makna tema HUT Ke-77 RI ini yang dilansir dari laman Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, tema itu berhubungan dengan tantangan yang telah dihadapi negara ini selama dua tahun. Berangkat dari tantangan tersebut, Pemerintah dan masyarakat pun bekerja sama untuk mempercepat pemulihan kondisi di semua sektor, sekaligus bangkit guna menghadapi tantangan global.  Selain itu, tema tersebut juga berkaitan dengan refleksi Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang menyatukan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi tantangan.  "Dasar-dasar Negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju," 

 

Peringatan HUT kemerdekaan RI ini juga diikuti oleh Poltekkes Kemenkes Kupang secara Virtual bersama Menteri Kesehatan RI yang langsung memimpin Upacara tersebut dari Kemenkes RI di Jakarta. Seluruh Pegawai yang ada di Poltekkes Kemenkes Kupang dengan menggunakan Pakaian / busana darerah dari masing-masing Kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur dan Mahasiswa juga dilibatkan pada Upacara tersebut. Setelah mengiktui upacara dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan oleh Pegawai di Direktorat seperti Lomba Nyanyi yang diikuit oleh seluruh Pegawai sedangkan di Jurusan dan Prodi juga mengadakan Lomba Makan Kerupuk, Fashion Show, Lomba memasak untuk meemeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke 77 tahun