Wisuda, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Diploma III Kesehatan dan Porfesi Ners Periode Mei 2022 Poltekkess Kemenkes Kupang, bertempat di aula Cendana wangi Selasa, 24 Mei 2022, Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Dr.R.H. Kristina, SKM, M.Kes, atas nama Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, drg. Arianti Anaya, MKM, mewisuda dan melantik sebanyak 92 orang menjadi tenaga kesehatan baik Diploma III dan Profesi Ners. Mengawali acara wisuda, pelantikan dan pengambilan sumpah, Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang dalam  laporan pendidikannya menyampaikan bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 12 tahun 2012, pendidikan tinggi bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEK untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa di era globalisasi dan era revolusi digital. saat ini, revolusi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan revolusi digital telah mewarnai bidang pendidikan di seluruh indonesia. Drektorat Jenderal Tenaga Kesehatan (Dirjen Nakes) telah merintis model pembelajaran dengan platform e-learning terintegrasi yang telah dikembangkan melalui virtual learning poltekkes kemenkes (vilep). Pembelajaran vilep yang dikombinasikan dengan pembelajaran tatap muka langsung juga diharapkan menjadi solusi pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini, juga sebagai antisipasi kemajuan di bidang teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Sebagai UPT  di bawah naungan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kupang saat ini bersiap melakukan transformasi di bidang pendidikan sesuai dengan transformasi sdm kesehatan. Transformasi SDM kesehatan merupakan salah satu pilar kunci dalam 6 pilar transformasi kesehatan. Beberapa point yang berkaitan dengan transformasi sdm kesehatan antara lain : penambahan kuota mahasiswa, beasiswa dalam & luar negeri serta kemudahan penyetaraan nakes lulusan luar negeri.

Direktur Poltekkes kemenkes Kupang lebih lanjut dalam laporannya mengatakan jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 92 orang  wisudawan yang terdiri atas Lulusan D-III Keparawatan Kupang sebanyak 12 Orang, Lulusan Prodi Pendidikan Profesi ners ( PPN ) :  4 orang, Lulusan D-III Keperawatan Ende : 29 orang, Lulusan D-III Keperawatan Waingapu: 7 orang, Lulusan D-III Keperawatan Waikabubak : 1 orang, Lulusan D-III Kebidanan : 5 orang, Lulusan D-III Sanitasi : 14 orang, Lulusan D-III Kesehatan Gigi : 3 orang,  Lulusan D-III Gizi : 6 orang dan  Lulusan D-III Teknik Laboratorium Medis (tlm) : 11 orang . Dengan Demikian, Total Jumlah Lulusan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang Sejak Berdirinya Hingga Wisuda tanggfal 24 Mei 2022 adalah  16.519 lulusan, terdiri dari 13 Program Studi yaitu : Prodi D-III Keperawatan Kupang, Prodi Pendidikan Profesi ners, Prodi D-III Keperawatan Ende, Prodi D-III Keperawatan Waingapu, Prodi D-III Keperawatan Waikabubak, Prodi D-III Kebidanan, Prodi D-III Sanitasi, Prodi D-III Farmasi, Prodi D-III Kesehatan Gigi, Prodi D-III Gizi, Prodi D-III TLM, Prodi D-III Pendidikan Jarak jauh ( PJJ ) Keperawatan Kupang, Prodi D-III Pendidikan Jarak jauh ( PJJ ) Kebidanan Kupang, sampai saat ini, jumlah mahasiswa aktif tahun akademik 2021/2022 di Poltekkes Kemenkes Kupang sebanyak  3.861 orang.

 

 

Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang terus berupaya untuk memperkuat peran dan fungsi tenaga pendidik (157 dosen berkualifikasi Magister Kesehatan dan 12 doktor bidang kesehatan) yang siap untuk berkontribusi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada kebutuhan dan masalah kesehatan lokal di nusa tenggara timur. berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan terutama untuk menjawab masalah kesehatan lokal seperti stunting dan penyakit menular maupun penyakit tidak menular di Provinsi NTT. Beberapa hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan di poltekkes kemenkes kupang antara lain: 1). tingkat kelulusan uji kompetensi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kupang. sampai saat ini, tingkat kelulusan sudah tergolong baik, namun masih belum maksimal. untuk itu perlu adanya usaha dan kerja keras bersama baik itu pada pihak institusi (dalam hal ini dosen dan tenaga kependidikan) dan juga mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk dalam menghadapi uji kompetensi. 2). Perlu perubahan berbagai sarana dan prasarana untuk PK BLU-Poltekkes Kemenkes Kupang. 3). Peningkatan upaya-upaya terobosan untuk penyerapan lulusan baik dalam negeri maupun luar negeri. Direktur juga mengharapkan agar wisudawan /wati dapat menunjukkan profesionalisme, komitmen yang tinggi, serta perilaku yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di tengah masyarakat dan dapat menunjukan kemampuan bersaing dan berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan.

 

Mengakhiri pidato Direktur dan seluruh anggota senat dan civitas academika menyampaikan terima kasih kepada :Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI. drg. Arianti Anaya, MKM, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTT beserta jajarannya yang telah kerjasama dalam berbagai kegiatan yang menunjang politeknik kesehatan kemenkes kupang, seluruh stakeholder, institusi pemerintah, swasta dan masyarakat yang senantiasa mendukung politeknik kesehatan kemenkes kupang khususnya program pendidikan,  kerjasama dalam bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, ataupun dalam berbagai bentuk bantuan lainnya, kepada para anggota senat, ketua jurusan/ program studi serta seluruh dosen, tenaga kependidikan politeknik kesehatan kemenkes kupang atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya.