Aksi cepat tanggap covid-19 kembali ditunjukkan Poltekkes Kemenkes Kupang. Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang, Dr. R. H. Kristina, bersama seluruh pejabat lingkup Direktorat beserta Ketua Jurusan/Ketua Prodi dan beberapa dosen/staf yang mengenakan aneka pakaian adat daerah-daerah NTT, menggelar Pencanangan Gerakan Sejuta Masker.

                                   

Kegiatan itu digelar di alun-alun kantor Gubernur NTT di jalan El-Tari, Kota Kupang Rabu (26/08) kemarin. Melalui ajakan yang disampaikan dalam Bahasa daerah Manggarai Direktur Poltekkes  Kupang menyerukan “Kami barisan normal baru provinsi Nusa Tenggara Timur. Mari kita kendalikan pandemi dengan cara yang benar”. Dalam seruan itu, Direktur R.H. Kristina juga menunjukkan penggunaan masker yang benar.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian masker gratis di Kelurahan Lasiana. Dengan mengikuti protokol kesehatan yang benar, Poltekkes Kupang, yang diwakili Direktur R.H. Kristina mengadakan penyuluhan singkat kepada 300 warga Lasiana tentang penti gnya penggunaan masker dan protokol kesehtan lain untuk mencegah penularan Covid-19. Acara diakhiri dengan pembagian masker dan foto bersama warga yanghadir sambil menyerukan yel yel semangat menggunakan masker.

Jeni, salah satu warga lasiana merasa bersyukur menerima pembagian masker gratis yang diberikan oleh Poltekkes Kemenkes Kupang. Menurut Jeni masker yang ia kenakan selama ini sudah koyak. “Saya apresiasi kepedulian Poltekkes Kemenkes Kupang bagi kami masyarakat kecil ini,” ujarnya.

R.H.Kristina mengatakan, gerakan sejuta masker merupakan program nasional yang mana akan diresmikan oleh Menteri Kesehatan bersama Presiden RI di Jakarta. Gerakan ini, direncanakan akan direalisasikan di seluruh pelosok tanah air.

                                                 

“Salah satu institusi yang diharapkan menjadi penggerak adalah institusi kesehatan dalam hal ini, Poltekkes Kemenkes Kupang, “Ujar Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang”. R.H Kristina menambahkan, pihaknya telah memulai kegiatan sejuta masker dan diharapkan masker yang dibagikan bisa melindungi semua warga dari virus corona. Ia menerangkan bahwa diperkirakan sebanyak 300 masker sudah dibagikan ke warga Lasiana dan akan disusul dengan dua puluh lima ribu masker lain yang akan dibagikan di beberapa kelurahan di kota Kupang.

Akhirnya, R.H Kristina berharap, dengan terus menerapkan pola hidup sesuai protokol kesehatan, kedepanya NTT bisa menjadi Provinsi contoh dalam usaha pengendalian penyebaran covid-19.