Pencegahan penularan covid 19 dapat dilakukan melalui berbagai upaya. Salah satu bentuk partisipasi Poltekkes Kupang dalam upaya tersebut adalah melalui kegiatan Pusat Unggulan Iptek (PUI) "Pengendalian Penyakit Tropis Berbasis Kepulauan". Dalam upaya tersebut, PUI Poltekkes Kemenkes Kupang melakukan kegiatan berupa peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat Desa Otan di Pulau Semau, yakni salah satu pulau di Kabupaten Kupang, yang terletak di luar Pulau Timor. Pulau Semau dapat ditempuh dari Kupang dengan Kapal Kecil (Kurang lebih 15 menit).

 

Penyerahan bantuan dilaksanakan pada Jumat, 8 Mei 2020 bertempat di Kantor Direktorat Poltekkes Kemenkes Kupang. Dihadiri oleh Nimrot Neno Laiskoda dan Feryanus Pong Perwakilan Kelompok Tani, dari Pulau Semau  , Irfan, SKM, M.Kes (Wakil Direktur I), Dr. Kusmiyati SKM, M.Kes (Ka Pusat HPEU), Dr. Bringiwatty Batbual, S.Kep,Ns.MSc (Tim PUI),  Ferry Waangsir S.ST M.Kes (Tim PUI).

 

Penerima manfaat dari kegiatan ini adalah kelompok tani kelor di Desa Otan dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan yang dilakukan antara lain pemberian bantuan tempat cuci tangan, masker, dan sosialisasi pencegahan covid 19 melalui pembagian leaflet. Dr. R.H. Kristina SKM, M.Kes, Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang berharap kegiatan ini akan memberikan dampak besar bagi masyarakat dan kegiatan tidak akan berhenti sampai disini namun kedepannya implementasi program PUI akan menjawab kebutuhan masyarakat Desa Otan Pulau Semau.