Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati. Kota Kupang memasuki musim hujan sejak awal Desember 2019, wabah penyakit DBD mulai bermunculan dan telah memakan korban jiwa. 

Prodi SanitasiPoltekkes Kemenkes Kupang, mengambil langkah yang cepat, dan respon tepat dengan turun langsung kerumah-rumah penduduk. Kegiatan dilakukan di wilayah kecamatan Oebobo kota kupang. Kegiatan dilakukan atas kerjasama prodi sanitasi dengan pemkot kupang, dan organisasi profesi Hakli (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan) kota kupang. Melibatkan mahasiswa, dosen, tendik, staf Pemkot Kupang dan anggota Hakli. Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui Gerakan 3M, penyuluhan dari rumah ke rumah sekaligus pembagian abate.

Tidak hanya di rumah penduduk, sidak langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang dilakukan di sekolah-sekolah Kota Kupang. Dan ditemukan cukup banyak jentik nyamuk di area bermain siswa.  Kristina langsung memberikan pengarahan dan penyuluhan kepada staf guru pada setiap sekolah, mengenai langkah langkah sederhana dalam penanganan jentik nyamuk DBD juga dilakukan pembagian serbuk abate. Pemeriksaan dilakukan pada area toilet sekolah dan genangan air lainnya