12 november 2019 hari ini diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55.Poltekkes Kemenkes Kupang melaksanakan Upacara dalam memperingati HKN dan melakukan beberapa kegiatan. Tema yang diangkat kali ini adalah Generasi Sehat Indonesia Unggul. Tema tersebut merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari amanat yang diberikan oleh presiden tentang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Ada dua isu kesehatan yang harus diselesaikan terkait membangun SDM itu, yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Meskipun dalam 5 tahun terakhir angka stunting telah berhasil diturunkan hingga 10 persen, tetapi stunting masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi masyarakat. Stunting adalah kondisi tubuh seseorang yang mengalami tubuh lebih pendek dibanding dengan orang seusianya. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis sejak bayi. Poltekkes Kemenkes Kupang berperan aktif dalam menyelesaikan dua isu tersebut, yaitu stuntung dan jaminan kesehatan nasional.

Dalam menyelesaikan permaslahan stunting, Poltekkes Kemenkes Kupang melaksanankan pengabmas dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana memberikan asupan gizi yang seimbang kepada tumbuh kembang anak untuk mencegah stunting. Sedangkan untuk jaminan kesehatan nasional sendiri, Poltekkes Kupang juga banyak menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Poltekkes Kupang.

Dalam apel untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 55, dilaksanakan juga pemberian penghargaan untuk berbagai lomba yang sebelumnya telah diselenggarakan untuk memperingati HKN ke 55 dan Dies Natalies ke 18. Berbagai lomba yang telah diselenggarakan seperti futsal, tari kreasi, pidato bahasa inggris, pertandingan volly dan berbagai kegiatan lainnya.

Poltekkes Kupang turut serta dan aktif  untuk memajukan dan menggembangkan generasi yang sehat untuk indonesia yang unggul. Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke 55.