Hari Kesehatan Nasional (HKN) merupakan momentum yang tepat untuk menegaskan komitmen upaya pembangunan kesehatan demi mempercepat perwujudan masyarakat Indonesia yang sehat, mandiri dan berkeadilan. Penyelenggaraan peringatan HKN tahun 2019 yang ke 55 tahun    mengambil tema: “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk menggerakan masyarakat berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonsia yang kuat.

    

Dalam memperingati HKN ke 55 tahun ini Poltekkes Kupang  menggelar berbagai kegiatan olahraga untuk memeriahkan sekaligus membudayakan olahraga sebagai salah satu bentuk aktifitas fisik sebagaimana yang diamanatkan dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingat HKN seperti lomba futsal antar Prodi, lomba kreasi tarian daerah, lomba pidato bahasa inggris dan berbagai lomba lainnya.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 Tahun 2019 kali ini digabungkan dengan Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Kupang yang Ke-18 juga menjadi momentum untuk memproyeksi eksistensi nya pada masa yang akan datang agar terus berkembang mejadi lembaga pendidikan yang unggul. Untuk itu Poltekkes Kemenkes Kupang harus mengembangkan kelembagaan dan manajemen yang kredibel, akuntabel dan transparan. Selain itu perlu mewujudkan mutu pendidikan yang berstandar Nasional dengan mengedepankan prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan tinggi, pengembangan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana yang menunjang penerapan tridarma perguruan tinggi, maupun penyelenggaraan kegiatan-kegiatan nonakademik yang menunjang kualifikasi lulusan agar berdaya saing di pasar kerja.

                                           

Makna peringatan Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Kupang yang Ke-18 tahun 2019 yang diuraikan di atas kiranya menambah semangat semua sivitas ademika dalam berkarya dan belajar dengan giat dan penuh dedikasi agar pembangunan kesehatan di negara ini khususnya Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin mendekati harapannya dan Poltekkes Kemenkes Kupang terus maju dan jaya.