Poltekes Kemenkes Kupang, Jurusan kesehatan lingkungan melakukan kerjasama dengan UPTD Puskesmas Korbafo Kecamatan Pantai Baru Kabupaten Rote Ndao, dalam kerja sama ini, Poltekkes Kupang mensosialisasikan cara pendataan dan pemetaan sarana sanitasi dasar berbasis android dengan Sisten Informasi Geografis. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis ini, menggunakan aplikasi Avenza Map berbasis android.

 

Fransisco Lion Selaku Ketua Perhimpunan Mahasiswa Poltekes Kemenkes Kupang Jurusan Kesehatan mengatakan Aplikasi Avenza Map dapat  membantu Puskesmas Korbafo dalam menyajikam data yang akurat dengan hanya melihat titik koordinat rumah setiap warga. keunggulan aplikasi ini dapat digunakan juga saat tidak terhubung dalam jaringan internet, karena datanya dapat didownload dan di simpan sehingga dapat dilihat waktu offline. Pemanfaatan aplikasi ini, sangat baik karena dapat menghasilkan data yang akurat sesuai keadaan lapangan.

      


Kepala Puskesmas korbafo Mat Jonatan Poy,SH,M.kes mengatakan untuk meningkatkan keakuratan dan kepercayaan sebuah data pihaknya perlu berinovasi melalui program kesehatan Lingkungan untuk mencegah berbagai penyakit yang sering menyerang masyarakat sebagai pihak yang menerima asas manfaat dari setiap program yang diluncurkan ”Pada tahun kemarin Mahasiswa KKN dari Poltekes kupang telah menerapkan aplikasi ini di Puskesmas Sotimori Kecamatan Landu Leko dan hasilnya sangat di akui oleh Kementerian Kesehatan, karena itu kami melihat pengalaman tersebut maka tahun ini kami bekerja sama dengan Poltekes Kemenkes Kupang jurusan kesehatan lingkungan Kemenkes kupang untuk di terapkan di wilayah kerja Puskesmas Korbafo. Saat ini eranya digital karena itu pihaknya berinovasi untuk menghasilkan data yang valid dengan memanfaatkan Aplikasi Avenza Map.  Proses pendataannya dilakukan dengan cara mendatangi setiap rumah yang ada di Tujuh Desa dan Satu Lurah di unit pelayanan Puskesmas Korbafo untuk mengecek langsung titik kordinat masing-masing agar datanya vailid mulai terhitung tanggal 05 Agustus hingga 14 Agustus 2019”.