Poltekkes Kemenkes Kupang telah berkomitmen untuk melaksanakan Penjaminan Mutu secara eksternal melalui akreditasi dari BAN-PT/LAMPT-Kes bagi seluruh program studi di Poltekkes Kupang. Pada tanggal 13-15 Desember 2018 Poltekkes Kupang  melaksanakan Akreditasi untuk Program Studi Pendidikan Jarak Jauh DIII Keperawatan dan DIII Kebidanan. Dalam kesempatan ini, Assesor Untuk PJJ DIII Keperawatan adalah Miciko Umeda, S.Kp,. M. Biomed dan Ulty Desmarnita, S.Kp.,M.Kes., Sp.Mat. Assesor untuk PJJ DIII Kebidanan adalah Sri Rahayu, Dipl., Mid., M.Kes dan Bintang Petralina, SST., M.Keb.

Kegiatan visitasi dan asesmen dimulai dengan pemaparan profil (Company profile) Poltekkes Kupang dan juga profil dari pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh oleh Direktur, Ibu R.H.Kristina, SKM., M.Kes dan klarifikasi oleh tim asessor. Proses telaah dokumen borang dilaksanakan diaula cendana lantai 2 dan juga di Prodi masing - masing yaitu Keperawatan dan Kebidanan sebagai dengan penanggung jawab masing-masing borang. Pada tanggal 13 Desember 2018 juga dilakukan Video Conference dengan USBJJ yang berada di daerah, yaitu USBJJ Flores Timur, USBJJ Timor Tengah Utara, USBJJ Sumba BArat Daya, USBJJ Ngada, dan USBJJ Fakfak- Papua Barat.

                            

Assesor juga melakukan visitasi dan assesmen di USBJJ. Untuk PJJ Kebidanan dilakukan visitasi di UBJJ Sumba Barat Daya dan PJJ Keperawatan dilakukan visitasi ke USBJJ Flores Timur.Kegiatan visitasi ini berjalan dengan baik, banyak masukan yang diberikan oleh tim Assesor untuk setiap standar, baik pada bidang akademik, kepegawaian ataupun pada bidang penunjang seperti perpustakaan dan sarana prasarana.