Dalam perkembangannya hingga saat ini Poltekkes Kemenkes Kupang memiliki 7 jurusan dengan 10 program studi, mahasiswa sebanyak 3.033 orang dengan jumlah tenaga dosen 176, tenaga kependidikan 112  orang. Sampai dengan tahun 2018 jumlah lulusan yang telah dihasilkan mencapai 10.120 orang. Poltekkes Kemenkes kupang menghadapi berbagai tantangan yang cukup berat dimasa yang akan datang yaitu semakin kompetitifnya pasar kerja bagi tenaga kesehatan, tumbuhnya institusi kesehatan baru khususnya pendidikan tinggi kesehatan swasta, tantangan peningkatan kualitas dan relevansi dengan kebutuhan program dan pelayanan kesehatan serta tuntutan peningkatan kinerja dengan jalan meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan layanan pendidikan tinggi.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan arah dan strategi dalam pengelolaan sumberdaya, sarana prasarana serta manajemen Pendidikan. Salah satunya dengan melakukan penyesuaian terhadap rencana strategis Poltekkes Kemenkes Kupang yang sudah ada (2014-2018) menjadi rencana strategis  yang lebih kompetitif dan  akomodatif terhadap perubahan dan perkembangan pengelolan Pendidikan tinggi, IPTEK serta tuntutan pelayanan kesehatan yang terus berkembang. Selain itu Poltekkes kemenkes Kupang diproyeksikan menjadi salah satu satker BLU dilingkungan Kementerian Kesehatan pada tahun 2019.

                                       

Tujuan dilaksanakan Renstra Poltekkes Kemenkes Kupang Tahun 2019 - 2023 adalah :

  1. Mereview RIP dan menyusun dokumen Rencana Strategis (Renstra) Poltekkes Kemenkes Kupang tahun 2019-2023
  2. Menyusun dokumen Rencana Operasional (Renop) tahun 2019
  3. Menyusun beberapa pedoman akademik sebagai tindak lanjut hasil review SPMI

Workshop penyusunan Renstra Poltekkes Kupang dilaksanakan di Hotel T- More Kupang NTT, pada tanggal 21 - 23 November 2018. Untuk workshop kali ini dihadiri oleh 65 orang dengan perwakiloan dari masing - masing prodi Poltekkes Kemenkes Kupang dan perwakilan dari mahasiswa. Sebagai narasumber yang mendampingi dalam penyusunan Renstra Poltekkes Kemenkes Kupang 2019 - 2023 adalah Direktur Poltekkes Kupang sendiri yaitu Ibu R.H. Kristina, Dr. Tyas dari Universitas Indonesia, dan Dr. Waryana, SKM., M.Kes dari Poltekkes Kemenkes Jogjakarta.

Hasil yang diharpakan dalam workshop kali ini, tersusunya dokumen rencana strategis Poltekkes Kupang 2019 - 2023, tersusunya dokumen rencana operasional tahun 2019, dan tersusunya pedoman akademik sebagai tindak lanjut hasil review SPMI.