Untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi, Poltekkes Kupang sebagai perguruan tinggi negeri milik Kementerian Kesehatan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) selama 7 hari, yaitu pada tanggal 22 Juli sampai 29 Juli 2019.

Pengabmas kali ini dilaksanakan di Kabupaten Timor Tengah Utara, tepatnya didesa Popnam, Seo, Niba’af dan Kiuola. Kegiatan pengabmas di Timor Tengah Utara didampingi dan dibuka langsung oleh Bapak Wadir III, Pak Wilhelmus Olin,SF,Apt.MSc.

Poltekkes kupang melibatkan mahasiswa dari Prodi Kebidanan, Prodi Keperawatan, Prodi Gizi, Prodi Farmasi, Prodi Analis Kesehatan, Prodi Keperawatan Gigi, dan Prodi Kesehatan lingkungan.

                                                          

Mahasiswa dalam pengabmas kali ini melakukan penyuluhan dikantor desa dan memberikan obat gratis, sosialisasi kegiatan UKS di sekolah dasar, pemeriksaan ibu hamil dan penyuluhan tanda bahaya kehamilan, survey jamban tidak layak dan pemberian jamban gratis, pemberian makanan tambahan di sekolah dasar, pemeriksaan kesehatan, golongan darah, asam urat, glukosa, kolesterol dan pemeriksaan karies gigi.

Kegiatan pengabmas selama 7 hari di kabupaten Timor Tengah Utara berjalan dengan baik dan membantu masyarakat di desa Popnam, Seo, Niba’af dan Kiuola untuk lebih sadar hidup sehat sejak dini.