PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE 59 POLTEKKES KEMENKES KUPANG TAHUN 2023

Minggu, 26 Nov 2023 10:34:53    Poltekkes Kemenkes Kupang
.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke 59 tahun 2023, Poltekkes Kemenkes Kupang menyelengagrakan berbagai kegiatan,  yaitu Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan bagi pegawai dilingkungan Poltekkes Kemenkes Kupang, Senam Bersama di area (Carfreday), Lomba Poster tingkat nasional, Pertandingan Bola Volly dan Tenis Meja di ikuti oleh dosen dan mahasiswa, Tenaga Kependidikan dan PLP.

            Kegiatan Donor Darah dilakukan atas kerja sama Poltekkes Kemenkes Kupang dengan Palang Merah Provinsi NTT yang dilaksanakan di Aula Cendana Wangi lantai 2 Direktorat Poltekkes Kemenkes Kupang. .menghasilkan 49 kantong darah yaitu 12 (dua belas) Laki-Laki dan 49 (empat puluh Sembilan) Perempuan dengan rincian  (1) Golongan Darah A sebanyak 12 kantong darah, (2) Golongan Darah B sebanyak 8 kantong darah, (3)  golongan darah 0 sebanyak 24 kantong darah dan (4) Golongan Darah AB sebanyak 5 kantong darah.

Selain Donor Darah, di lakukan kegiatan screening Penyakit tidak menular (PTM) bagi  Dosen, tendik dan Mahasiswa dalam seperti Pemeriksaan Tekanan Darah, Kolestrol, Glukosa Darah dan Asam Urat. Hasil screening adalah sebagai berikut  :

1.    Hasil pemeriksaan Tekanan Darah sebanyak 71 (tujuh puluh satu) Pegawai dengan rincian : Laki-laki 19 (sembilan belas) orang dan Perempuan 52 (lima puluh dua) orang.

       Hasil Pemeriksaan tekanan Darah 64 (enam puluh empat) orang Normal dan 7 (tujuh) orang Pegawai memiliki Tekanan Darah yang tinggi.

2.    Hasil Pemeriksaan Kolesterol Darah sebanyak 71 (tujuh puluh satu) Pegawai dengan rincian Laki-laki 19 (Sembilan belas) orang dan Perempuan 52 (lima puluh dua) orang.

       Hasil Pemeriksaan Kolesterol darah 27 (dua puluh tujuh) orang Normal dan 44 (empat puluh empat) orang Pegawai Meningkat.

3.    Hasil Pemeriksaan Glukosa Darah sebanyak 71 (tujuh puluh satu) Pegawai dengan rincian : Laki-laki 19 (Sembilan belas) orang dan perempuan 52 (lima puluh dua orang).

       Hasil Pemeriksaan Glukosa darah 59 (lima puluh Sembilan) orang Normal dan 12 (dua belas) orang Pegawai meningkat.

4.    Hasil Pemeriksaan Asam Urat 71 (tujuh puluh satu) Pegawai dengan rincian : Laki-laki 19 (Sembilan belas) orang dan perempuan 52 (lima puluh dua orang).

       Hasil Pemeriksaan Asam Urat 69 (enam puluh Sembilan) orang Normal dan 2 (dua) orang pegawai meningkat.

Poltekkes Kemenkes Kupang juga mengadakan kegiatan Senam Germas dan pengobatan Gratis di acara Car Free Day yang juga melibatkan Dosen, Tendik, Mahasiswa dan Masyarakat Umum yang ada di sekitar Car Free Day. Dari hasil pemeriksaan Kesehatan di acara Car Free Day terdapat :

1.    Hasil Pemeriksaan Hemoglobin menunjukkan dari 61 (enam puluh satu) pendaftar berjenis kelamin laki-laki sebanyak 11 (sebelas) orang dan perempuan sebanyak 50 (lima puluh) orang. Hasil pemeriksaan Hemoglobin didapati Normal 58 (lima Puluh delapan) orang dan 3 (tiga) orang meningkat.

2.    Hasil Pemeriksaan Kolesterol darah sebanyak 61 (enam puluh satu) pendaftar berjenis kelamin laki-laki sebanyak 11 (sebelas) orang dan perempuan sebanyak 50 (lima puluh) orang.

       Hasil Pemeriksaan Kolesterol Darah didapati Normal 40 (empat puluh) orang dan 21 (dua Puluh satu) orang meningkat.

3.    Hasil Pemeriksan Glukosa Darah sebanyak 61 (enam puluh satu) pendaftar berjenis kelamin laki-laki sebanyak 11 (sebelas) orang dan perempuan sebanyak 50 (lima puluh) orang

       Hasil Pemeriksaan Glukosa Darah didapati 47 (empat puluh tujuh) orang Normal dan 14 (empat belas) orang meningkat.

4.    Hasil Pemeriksaan Asam Urat sebanyak 61 (enam puluh satu) pendaftar berjenis kelamin laki-laki sebanyak 11 (sebelas) orang dan perempuan sebanyak 50 (lima puluh) orang.

       Hasil Pemeriksaan Asam Urat didapati Normal 58 (lima puluh delapan) orang dan 3 (tiga) orang meningkat.

5.    Hasil Pemeriksaan Tekanan Darah sebanyak 76 (tujuh puluh enam) pendaftar, laki-laki 11 (sebelas) orang dan perempuan 65 (enam puluh lima) orang.

            Hasil Pemeriksaan Tekanan Darah didapati normal 56 (lima puluh enam) orang dan 20 (dua puluh) orang memiliki tekanan darah yang tinggi.

Pada Hari Ulang Tahun Kesehatan Nasional ke 59 juga di adakan Lomba Poster yang di ikuti oleh 497 (empat ratus sembilan puluh tujuh) peserta dari Poltekkes Kemenkes Kupang, Poltekkes Kemenkes lainnya dan Perguruan Tinggi lainnya.   Hasil lomba poster adalah sebagai berikut :

A.   KATEGORI PENILAIAN UTAMA sbb :

       *.    Juara 1               :    Aulia Ashri Andhika (Poltekkes Kemenkes Surabaya/Prodi Pendidikan Profesi Ners Jenjang Sarjana Terapan Keperawatan.

       *.    Juara 2               :    Arlinia Julita Lende (Poltekkes Kemenkes Kupang/Jurusan Kesehatan Gigi)

       *.    Juara 3               :    Faradyna Putri Az-Zahra & Niko Herdiansyah (Poltekkes Kemenkes Surabaya)

       *     Harapan 1          :    Anargya Dadendra Hibatullah (Poltekkes Kemenkes Surabaya)

       *     Harapan 2          :    Stevany E Lapekoli (Poltekkes Kemenkes Kupang/Jurusan Kebidanan Kupang)  

 

B.   KATEGORI DESAIN TERBAIK sbb :

       *.    Juara 1               :    Permata Munnlifah & Sayyid Muhammad Indra (Poltekkes Kemenkes Palangkaraya)

       *.    Juara 2               :    Azzikra Fathiyah Rahmah (Poltekkes Kemenkes Jakarta 3)

       *     Juara 3               :    Linda Kristina Yohana (Poltekkes Kemenkes Kupang)

       *     Harapan 1          :    Endang Desti Fitrilina (Poltekkes Kemenkes Pontianak)

       *     Harapan 2          :    Maria Feimna Jelita (Poltekkes Kemenkes Kupang/Prodi PPN)

 

C.   KATEGORI POSTER TERINFORMATIF sbb :

       *.    Juara 1               :    Keisha Ayu Revalina Putri (Poltekkes Kemenkes Surabaya/Prodi D.III Keperawatan Sutopo Surabaya)

       *.    Juara 2               :    Yosefanny Pauline R.A Bail (Poltekkes Kemenkes Kupang/Prodi D.III Keperawatan Waikabubak.

       *     Juara 3               :    Fatikhan Intan Maharani (Universitas Setia Budi Surakarta)

       *     Harapan 1          :    Amma Alfhina (Poltekkes Kemenkes Pontianak/D.IV Kebidanan +Profesi Bidan

       *     Harapan 2          :    Wahyu Diansyah Ramadhan (SMK Karya Teknologi 2 Jatilawang)

 

Selain kegiatan lomba, juga dilakukan kegiatan Penyuluhan dan Pencegahan Stunting bagi Balita bekerjasama dengan Puskesmas Oepoi, keluarahan Liliba. Sebanayak 56 (lima puluh enam) balita yang di layani pada kegiatan tersebut.

Pertandingan lainnya yaitu pertandingan tenis meja Tunggal Putra sebanyak 24 tim tunggal Putri, 15 tim, ganda Putra 11 tim, ganda Putri 6 tim, ganda campuran 6 tim.. Hasil pertandingan adalah sebagai berikut :

  • Juara 1  Tunggal Putra            : Bpk. Kamilus Mamoh ( Jurusan Kebidanan)
  • Juara 2 Tunggal Putra             : Bpk. Marthen (Keperawatan)
  • Juara 3  Tunggal Putra            : Bpk. Amos Sau (Sanitasi)
  • Juara 1  Tunggal Putri             : Ibu Nursilawati (Kebidanan)
  • Juara 2 Tunggal Putri              : Ibu Maria F.D.P Niron (Gizi)
  • Juara 3  Tunggal Putri             : Maria D. Y. I Sorak (Kesehatan Gigi)
  • Juara 1 Ganda Putra                : Bpk. Eman dan Bp Sius (Kebidanan)
  • Juara 2 Ganda Putra                : Bpk. Okto Sila dan Bpk. Johanis Saduk (Sanitasi)
  • Juara 3 Ganda Putra                : Wilfridus Kaha dan Emanuel Bria (Gizi)
  • Juara 1 Ganda Putri                : Ibu Nursilawati dan Ibu Fandy Dias (Kebidanan)
  • Juara 2 Ganda Putri                : Ibu Tri Lestari dan Ibu Vinsensia Gui (Kes Gigi)
  • Juara 3 Ganda Putri                : Maria Hendrika dan Rovina Nensiana (Gizi)
  • Juara 1 Ganda Campuran        : Bpk. Kamilus Mamoh dan Ibu Linda (Kebidanan)
  • Juara 2 Ganda Campuran        : Benediktus Lein dan Rofina Tana (Gizi)

Juara 3 Ganda Campuran        : Meisi Kay dan Heribertus Lopo (Kes Gigi)

Puncak Kegiatan Hari Kesehatan Nasionalke 59 tahun 2023 tingkat Poltekkes Kemenkes Kupang diadakan Upacara bersama pada hari Senin, 13 Nopember 2023 , berlangsung di Lapangan Jurusan Sanitasi Poltekkes Kemenkes Kupang. Pada kegaitan tersebut,  dibacakan juara-juara Lomba baik Lomba Poster Nasional, Volly, Tenis Meja dan penghargaan bagi Dosen dan Tendik yang berprestasi. Upacara dipimpin langsung oleh Pembina Upacara yaitu Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Irfan, SKM,M,Kes dan dihadiri oleh Para Wadir, Ketua Jurusan, Ketua SPI, Kasubag, Kepala Pusat, Kepala Unit, ASN, Tenaga Kontrak dan perwakilan Mahasiswa.

            Pada apel peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 dengan  Thema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju: Direktur membacakan sambutan tertulis menteri Kesehatan RI. Dalam sambutannya disampaikan 6 (enam) pilar Transformasi Kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik yaitu (1) Pilar Kesatu :  Transformasi Layanan Primer dengan fokus Mengobati menjadi mencegah (2)  Pilar  Kedua : Transformasi Layanan Rujukan, fokus akses layanan Kesehatan yang susah menjadi mudah.

 (3)       Pilar Ketiga : Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan meliputi  dari industry Kesehatan yang bergantung ke Luar Negeri menjadi Mandiri di Dalam negeri, dan sistim Kesehatan yang rentan di masa wabah menjadi tangguh.

 

SHARE

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment