STANDAR DOSEN

 

Standar Dosen yang digunakan oleh institusi Poltekkes Kemenkes Kupang merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Depkes menetapkan kebijakan untuk menyusun “Standar Dosen Pendidikan Tenaga Kesehatan”.

Standar ini terdiri dari 4 (empat) bab yang dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Bab I Pendahuluan

Bab ini menguraikan tentang kondisi tenaga pendidik (dosen) Pendidikan Tenaga kesehatan yang secara umum masih heterogen secara akademik dan kompetensinya sehingga perlu ditata kembali sesuai dengan amanat Undang – undang Nomor 14 Tahun 2005. Disamping itu dijelaskan pula mengenai tujuan dari disusunnya standar dosen, manfaat, beberapa pengertian serta dasar hokum dari standar dosen tersebut.

  1. Bab II Karakteristik Dosen

Bab ini menjelaskan tentang ciri atau karakteristik dosen yang mampu melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien dengan mempertimbangkan rasio dan beban kerjanya, memahami tugas dan perannya, serta jenjang kualifikasi akademik dan kompetensinya

  1. Bab III Sertifikasi Dosen

Bab ini menjabarkan tentang pentingnya tenaga pendidik (dosen) untuk disertifikasi sebagai bentuk pertanggungjawaban atas amanat Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 serta Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005.

 

  1. Bab IV Penutup

Bab ini menggembarkan secara singkat mengenai pentingnya disusun standar dosen sebagai pedoman bagi institusi pendidikan tenaga kesehatan khususnya Poltekkes Kemenkes Kupang dalam menyiapkan dan mengembangkan dosen sebagai pendidik professional dan ilmuwan


 

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang RI. Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

 

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah RI. Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

 

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Dosen.

 

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 37 tahun 2009 tentang dosen

 

Pelatihan Pengembangan Kompetensi Dosen (Methodologi Pembelajaran), Tim Pengembangan Pendidikan Tinggi Bandung, 2005.